kajian ke 6

M. Naufal Agustian Hidayatulloh 2003401051019

M. Naufal Agustian Hidayatulloh 2003401051019

oleh 2003401051019 M.Naufal Agustian Hidayatulloh -
Jumlah balasan: 0

A. Tokoh Imam Mazhab dalam fiqih NU
1. Imam Syafi'i
2. Imam Hanafi
3. Imam Hambali
4. Imam Maliki

B. Sejarah perkembangan Mazhab
Bila diruntut ke belakang, mahzab fiqih itu sudah ada sejak zaman Rosulullah SAW, Madzhab pada zaman Rosululah adalah sebatas Ijitihad (pendapat) para sahabat dalam memahami agama, karena pada zaman itu sumber hukum islam adalah hanya al-Quran dan Hadits, sehingga ketika para sahabat terjadi perselisihan dan berijtihad masing-masing; maka mereka langsung melaporkan masalah tersebut kepada Rosulullah.[9]

C. Menurut Syekh Manna, para ulama telah menyebutkan bahwa indikasi pertama mengenai hal ini berasal dari kaum Syiah. Hal ini sama sekali belum pernah terjadi pada masa Rasulullah dan juga Tidak Pernah terucap dari lisan seorang sahabat pun. Adapun perbedaan yang terjadi di antara mereka, kata Syekh Manna, semata hanya merupakan perkara Ijtihad dalam agama, yang mana setiap mereka mengingkari kebenaran dan mengajak kepadanya, hanya saja pemalsuan itu muncul dari perselisihan politik yang terjadi pada masa tabiin.
Menurut Syekh Manna, ada beberapa faktor penting kenapa muncul pemalsuan hadist. Pertama karena perselisihan politik. Hal ini merupakan penyebab dasar terjadinya pendustaan atas Rasulullah. Imam Malik pernah ditanya mengenai Rafidhah, beliau pun menjawab. "Jangan berbicara dengan mereka, dan jangan meriwayatkan dari mereka, mereka adalah pendusta."