klajian ke 5

kajian ke 5

Re: kajian ke 5

oleh 2003401051013 MUHAMMAD KHOIRUR ROZIQIN -
Jumlah balasan: 0

1.A. Dasar pendidikan aqidah adalah al-Qur‟an dan as-Sunnah Artinya apa Saja yang disampaikan Allah dalam al-Qur‟an dan oleh rasul-Nya dalam Sunnahnya wajib diimani dan diamalkan.

• A. Al-Qur‟an dijadikan sumber pendidikan yang pertama dan utama Karena ia memiliki nilai absolut yang diturunkan dari Tuhan. Menciptakan Manusia dan Dia pula yang mendidik manusia, yang mana isi pendidikan itu Termaktub dalam wahyu-Nya.

• B. As-Sunnah

Al-Quran sebagai sumber segala sumber hukum Islam hanyalah Memuat prinsip-prinsip dasar ajaran Islam. Adapun sebagian ayatnya yang menguraikan prinsip-prinsip dasar tersebut secara rinci merupakan contoh dan petunjuk bahwa seluruh kandungan al-Qur‟an masih perlu penjelasan.

B. Ruang Lingkup Akidah

Pembahasan akidah mencakup:

1. Illahiyyat (ketuhanan). Yaitu yang memuat pembahasan yang berhubungan Dengan Illah (Tuhan, Allah) dari segi sifat-sifat- Nya, nama-nama-Nya, dan Af‟al Allah. Juga dipertalikan dengan itu semua yang wajib dipercayai oleh Hamba terhadap Tuhan.

2. Nubuwwat (kenabian). Yaitu yang membahas tentang segala sesuatu yang Berhubungan dengan Nabi dan Rasul mengenai sifat-sifat mereka, ke-Ma‟shum-an mereka, tugas mereka, dan kebutuhan akan keputusan mereka.

3. Ruhaniyyat (kerohanian). Yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang Berhubungan dengan alam bukan materi (metafisika) seperti jin, malaikat, Setan, iblis, dan ruh.