kajian ke 4

kajian ke 4

Re: kajian ke 4

oleh 2003401051013 MUHAMMAD KHOIRUR ROZIQIN -
Jumlah balasan: 0

1.akal mempakan daya: berfikir yang ada pada manusia dan merupakan salah satu daya Roh yang memakai otak sebagai alat, di samping itu terdapat pula akal yang mempunyai wujud tersendiri di alam immateri. Sedangkan wahyu adalah pengalaman yang berakhir pada adanya cara, yang sama sekali baru dalam memandang dunia dan kehidupan manusia, pengalaman ini diwahyukan karena tidak dapat terjadi melalui pencarian atau penelaahan manusia tetapi sebagai suatu penglihatan kebenaran yang terilhamkan.

2.perbuatan manusia adalah ciptaan tuhan karena segala sesuatu dalam wujud ini tuhan mengharuskan manusia memiliki kemampuan berbuat (ikhtiar) agar kewajiban-kewajiban yang dibebankan kepadanya dapat dilaksanakannya.

3.kekuasaan dan kehendak mutlak tuhan yaitu keyakinannya bahwa Tuhan adalah Maha Adil (al-‘Adl) dan Maha Bijaksana (al-Hakim), al-Maturidi menyatakan bila Dia tidak akan melakukan tindakan sewenang-wenang.

4.sifat sifat tuhan itu mulazamah (ada bersama; inhern) zat tanpa terpisah (innaha lam takun ain al-zat wa la hiya ghairuhu).Bagi Allah Swt tidak harus membawa kepada pengertian anthropomorphisme, karena sifat tidak berwujud yang terpisah dari zat, sehingga berbilang sifat tidak akan membawa pada berbilangnya yang qadim (taaddud al-qudama).