kajian ke 2

Ahmad Roby Yanto

Ahmad Roby Yanto

oleh 2003401051042 AHMAD ROBY YANTO -
Jumlah balasan: 0

Biografi singkat Al-Maturidi

Imam abu mansur Al-Maturidi , atau lengkapnya Abu Mansur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud Al-Maturidi As-Samarqandi Al-Hanafi. adalah imam aliran ahli aqidah maturidiyah serta seorang ahli ilmu kalam. Imam Al-Maturidi dilahirkan di Maturid, sebuah pemukiman di kota Samarkand (sekarang termasuk wilayah Uzbekistand) yang terletak di seberang sungai. Di bidang ilmu agama, ia berguru pada Abu Nasr al-'Ayadi dan Abu Bakar Ahmad al-Jawzajani. Ia banyak menulis tentang ajaran-ajaran Mu'tazilah, Qomariahah dan Syi'ah. 

Pemikiran imam Muhammad Abu Manshur al-Maturidi

Pendapat al-Maturidi tentang syafaat paralel (sama) dengan pendapat al-asy’ari, bahwasanya syafaat rasul itu diperuntukan bagi orang mukmin yang berdosa, bukan bagi orang mukmin yang telah di janjikan masuk surga, dan syafaat rasul ini berhubungan erat dengan adanya hak pengampunan dosa orang mukmin dari tuhan.

Proses Perkembangan Teologi Al-Maturidi Di Samarkand Dan Bukhara

1. Kelompok Samarkand adalah pengikut Abu Mansur Muhammad al-Maturidi (w. 944 M)  di mana    paham-paham teologinya lebih dekat kepada Mu'tazilah yang rasional.

2. Kelompok Bukhara adalah pengikut dari Yusar Muhammad al-Bazdawi (w.1100 M) yang pemikiran-pemikiran teologinya lebih cenderung kepada pemikiran al-Asy'ariyah yang tradisional.