kajian ke 4

Doktrin Aqidah Aswaja al-Maturidi

Doktrin Aqidah Aswaja al-Maturidi

oleh 2003401051027 IVA DATUL AMALIYA -
Jumlah balasan: 0

Jawaban :

A). Akal dan wahyu : Imam al-Maturidi sering kali disebut "Berada antara teologi Mu'tazilah dan Asy'ariyah"sesungguhnya persamaan pendapat dari aliran al-Maturidi terjadi di sebagian pemahamnya,Pemikiran-pemikiran al-Maturidi dalam soal-soal kepercayaan didasarkan pada pikiran-pikiran Imam Abu Hanifah yang tercantum dalam kitabnya al-Fiqh al-Akbar dan al-Fiqh al-Absath serta memberi ulasan-ulasan terhadap kedua kitab, sehingga boleh dikatakan bahwa al-Maturidi telah menganut madzhab Imam Abu Hanifah yang terkenal ketat dengan keabasahan akal, Dalam perhelatan pemikiran teologinya, al-Maturidi telah memberikan konstribusi banyak terhadap corak dan model pemikiran baru yang dulunya konservatif-tradisionalis, Asy'arian sehingga membawa paham ahli al-sunnah wa al-jama'ah mampu bersaing dengan paham Mu'tazilah yang mempunyai kecenderungan memberikan otoritas penuh pada akal sampai-sampai bermaksud mengenyampingkan otoritas wahyu,untuk tidak dikatakan membuangnya sama sekali.

B). Perbuatanmanusia ; perbuatan manusia bukanlah perbuatan tuhan, akan tetapi perbuatan manusia adalah ciptaan tuhan. Perbuatan tuhan adalah menjadikan dan mewujudkan sedangkan yang melakukan perbuatan adalah manusia.

C). Kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhank kekuasaantuhan bersifat mutlak dan hanya dimiliki oleh tuhan. Tuhan berbuat apa yang dikehendakinya, dan tuhan tidak berbuat apa yang tidak dikehendakinya serta menentukan segala-galanya.

D).  Sifat Tuha : SifatTuhan sama dengan pendapat Asy'ariyah yang menyatakan bahwa Tuhan memiliki sifat. Maturidiyah berpendapat bahwa sifat sifat Tuhan itu Mulazamah ada bersama zat tanpa terpisah.