klajian ke 5

kajian 5

kajian 5

oleh 2003401051001 MOH. QUTBI MAHBUBI -
Jumlah balasan: 0

Ahlussunnah wal Jamaah atau yang disingkat dengan Aswaja merupakan sebuah akidah yang muncul dari pemikiran Abu Hasan Al-Asy’ari dan Abu Mansur Al-Maturidi yang tidak membatasi diri dari kehidupan bernegara.  


Pengaruh ajaran Aswaja dalam berbangsa dan bernegara adalah memberikan bentuk-bentuk manifestasi terhadap kehidupan bernbangsa dan bernegara. Manifestasi Aswaja terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara terdiri dari tiga hal sebagai berikut :

1. Negara nasional (yang didirikan bersama oleh seluruh rakyat) wajib dipelihara dan dipertahankan eksistensinya.

2. Penguasa negara (pemerintah) yang sah harus ditempatkan pada kedudukan yang terhormat dan ditaati, selama tidak menyelewengkan, memerintah ke arah yang bertentangan dengan hukum dan ketentuan Allah SWT.

3. Apabila terjadi kesalahan dari pihak pemerintah, cara memperingatkannya melalui tata cara yang sebaik-baiknya.


Ketiga menifestasi Aswaja dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara juga menjadi prinsip akidah Nahdlatul Ulama untuk memainkan peran penting dalam memperkuat suatu bangsa. NU sebagai civil society telah mempraktikkan bagaimana agama dan nasionalisme tidak bertentangan, bahkan saling memperkuat sehingga nasionalisme tidak kering dan mempunyai pijakan moral, sedangkan agama tidak kehilangan pijakan dakwahnya.